ARTIKEL DARBUKA #4. TIPS MENAMBAH KECEPATAN JARI

TIPS MENAMBAH KECEPATAN JARI


Untuk memainkan pukulan rapat dengan tempo yg relatif cepat, yang perlu diperhatikan adalah logika gerak dalam penempatan waktu.. :


"jarak yg lebar membutuhkan waktu yg lebih banyak, jarak yg sempit membutuhkan waktu yg lebih singkat"

Jarak yang dimaksud disini adalah jarak antara Jari dan Head/Rim... perkecil jarak ketika bergerak, hindari gerakan gerakan yang tidak perlu, maka akan didapat kecepatan yg lebih tinggi..

Masalah power akan jadi kendala ketika bermain cepat, tapi ini bisa diatasi dengan teknik yang berikut ini:

RIM darbuka yang berbentuk cembung itu ada fungsinya yakni untuk menambah power pukulan.. gimana bisa begitu? banyak yg mengira bahwa sasaran pukul tertuju pada HEAD sehingga mereka memukul dengan sekuat tenaga tapi suara yang ditimbulkan tidak tepat dan tetap lemah sebab jari tertumpu menempel pada HEAD sehingga mematikan bunyi, seharusnya ini tidak terjadi. Apa tekniknya? coba yg satu ini, dengan posisi tangan kiri membentuk sudut 90 derajat dan kondisi tangan relax perhatikan pangkal jari harus dipukul kan kepada RIM darbuka, jika target pukulannya benar jari manis atau telunjuk akan MEMANTUL karena jatuh nya tertahan oleh RIM, karena jarinya memantul maka jari tidak sempat menempel pada HEAD setelah jatuh pukulan, bila teknik ini dilakukan dengan benar akan diraih power yang kuat dan bunyi yang tepat.

8 komentar