ARTIKEL DARBUKA #8. APA ARTI ISTILAH ROLL ITU?

sebenarnya gak ada yg di sebut level pukulan, tapi jika yg dimaksud adalah "roll" sebagai salah satu teknik permainan, memang ada tingkatan tergantung intensitas (kerapatan) bunyinya.

sesuai dgn pelajaran musik, tingkatan ROLL dibagi menjadi -roll 1/16 dan roll 1/32. Roll yg paling umum 1/16, roll 1/32 sangat sulit dimainkan terkecuali jika temponya sedang agak lambat. Intensitas atau kerapatan pukulan dalam roll 1/16 yaitu 1 ketuk di bagi 4 (x . . . x . . . dst) ; sedangkan 1/32 berarti satu ketuk di bagi 8 (x . . . . . . . x . . . . . . . dst) tanda X disitu artinya pukulan yg jadi awal hitungan.

Untuk lebih memahami lagi tentang matematika hitungan ritmik bisa sedikit saya singgung disini tentang KETUKAN, PULSA, GROUPING dan BAR/MEASURE.

KETUKAN adalah bentuk nyata dari hitungan ritmik dalam satu siklus contoh dalam lagu 4/4 dirigen akan menyebutkan atau menyandikan hitungan 1 sampai 4 sebelum memulai lagu.

PULSA adalah bentuk Abstrak (tidak nyata berada dalam imajinasi) dari ketukan tersebut karena 4 ketuk tidak selalu berarti 4 pulsa, 4 ketuk itu bisa saja dibagi lagi jadi jadi 8 pulsa, 12 pulsa atau 16 pulsa. Definisi Pulsa adalah alternatif jumlah ketukan yg dimungkinkan untuk hadir dalam satu BAR. Istilah ini khusus saya gunakan untuk menjelaskan fungsi pulsa dalam siklus hitungan dasar dalam permainan solo.

GROUPING adalah pengelompokan pulsa contoh dalam siklus yg terdiri dari 12 pulsa bisa dikelompokan menjadi [ X . . x . . x . . x . .] disimbolkan menjadi 3+3+3+3 dan bisa juga dikelompokan menjadi [X . . . x . . . x . . .] disimbolkan menjadi 4+4+4 ; X=ketuk keras ; x=ketuk lembut. Pengelompokan ini bersifat bebas disesuaikan dengan kebutuhan

BAR/MEASURE adalah siklus hitungan, bila satu bar 4 ketuk maka hitungannya berakhir diangka 4 untuk kemudian diulang lagi dari 1.

Bicara mengenai pukulan single, double, triple dan quadruple itu adalah menyangkut aksentuasi nya atau dimana kita meletakkan ketuk awalannya yg terdengar keras. Roll juga bisa tanpa aksentuasi. Istilah single, double, triple dan quaduple juga dipakai untuk menjelaskan SUSUNAN PENJARIAN (fingering)

5 komentar