ARTIKEL DARBUKA #6. MENGOPTIMALKAN BUNYI DARBUKA

saya ingin berbagi sedikit pengetahuan tentang bagaimana membuat bunyi darbuka kita jadi lebih baik.. tips untuk mereka yg sedang memilah dan memilih mau beli darbuka impian dan untuk mereka yg belum puas dengan kualitas bunyi darbukanya yg sekarang..

1.) Bahwa yg menentukan kualitas bunyi adalah resonansi didalam body darbuka. Karena itu kita perlu mempertimbangkan bahan pembuatannya. Bahan kayu berserat dan penuh pori pori yg menyimpan udara karena itu dia menyerap bunyi dan tidak memantulkannya, terkecuali jika si pembuat darbuka memang ahli sehingga bisa mengatasi kekurangan tersebut dengan pendempulan yg extra halus. BENTUK BODY dalam darbuka selanjutnya kita sebut sebagai "kotak resonansi". Kita sering liat perbandingan ukuran body atas dan body bawah darbuka berbeda beda, perbedaan tersebut menentukan karakter bunyi.DEMPUL yg tebal juga tidak dianjurkan karena mematikan bunyi yg berfrequensi tinggi dan mencegah body darbuka untuk ikut bergetar.

2.) Tempat dimana kita meletakkan head sebelum di pasangi rim kita sebut sebagai MULUT darbuka atau terkadang disebut juga "dudukan head/mika) . Bagian ini adalah yg paling kritis. Bagian mulut yg bagus adalah yg bulat sempurna dengan permukaan datar tanpa ada gerinjil gerinjil seperti pasir. Bila bagian ini bermasalah darbuka akan berbunyi aneh seperti "buzzing". Buyi tek yg bergemerincing juga tergantung dgn bagian ini.

3.) Kualitas Head. Head yg bagus adalah yang dengan ketebalan sempurna untuk darbuka. Head power beat agak tebal (karena merk power beat adalah merk head drumset yg biasa dipukul dengan stik) cocok untuk mereka yg suka bermain keras dan kasar dengan dominasi teknik Slap. Head Gawharet elfan itu tipis ketika suaranya ringan dan frequensi Highnya pendek tapi attacknya besar. Head Emin adalah yg paling sempurna dari segi ketebalan dan kekuatan ringnya plus juga bahan plastiknya yg berbeda. Sehingga frequensi highnya sempurna berdencing, suara lownya bulat. Tapi head emin tidak cocok untuk bermain "kasar". Head dengan karakter bunyi middle adalah head Remo namun sayangnya remo produksi jaman dulu lemah dibagian Ring karena memakai bahan lem sehingga tidak kuat untuk menahan tekanan rim yg besar untuk mencapai tone darbuka yg ideal. Remo yang sekarang tersedia adalah jenis "turquois" dan "skyndeep" keduanya termasuk papan atas dalam hal kualitas dan popularitas. Hanya diperlukan sedikit kreatifitas ketika memasangnya karena produsen Remo membuat produknya sesuai dengan detail ukuran darbukanya produksinya sendiri

4.) cara memasang head. Proses yg tidak benar akan mengurangi kualitas bunyi darbuka. Banyak pemain mengeluh karena sudah beli head emin mahal tapi kualitas bunyinya tidak sempurna. itu semua karena proses pemasangannya tidak benar. 

43 komentar